Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

6 Obat Mata Belekan yang Bisa Dibeli di Apotek

obat ampuh untuk mata belekan di apotek

Obat mata belekan mampu mengurangi belek berlebihan sekaligus meredakan gejala yang menyertai belekan, seperti mata gatal, perih, memerah, atau panas. Ada banyak obat belekan di apotek. Simak ulasannya pada artikel ini. 

Obat Mata Belekan yang Tersedia di Apotek

Belek adalah campuran dari air mata, kotoran, minyak, lendir, dan sel kulit mati yang dapat ditemukan di sudut mata. Penumpukan kotoran mata ini sebenarnya adalah hal yang wajar ditemukan saat bangun tidur. 

Namun, pada kondisi tertentu Anda bisa menemukan belek dengan warna berbeda atau dalam jumlah yang berlebihan. Kondisi ini tidak wajar dan bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan mata, seperti infeksi mata atau alergi.  

Oleh sebab itu, Anda juga perlu memilih obat belekan sesuai dengan penyebabnya. Berikut adalah beberapa obat belekan yang bagus dan bisa ditemukan di apotek, antara lain:

1. Rohto Eye Flush

farmaku_rohto-eye-flush-150-ml-02

Salah satu penyebab dari bekelan yang tidak normal adalah adanya iritasi pada mata. Belekan yang muncul akibat iritasi mata umumnya memiliki tekstur seperti lendir.

Apabila mengalaminya, Anda dapat mencoba menggunakan Rohto Eye Flush, yaitu cairan steril pencuci mata. Obat ini mengandung distilled witch hazel, benzalkonium klorida, L-menthol, dan vitamin E.

Rohto Eye Flush dapat membersihkan mata, meredakan iritasi ringan pada mata, serta membuat mata menjadi lebih sejuk.

Beli Rohto Eye Flush 150 ml di Sini

2. Rohto V-Extra 

Rohtovekstra_persp

Salah satu obat belekan yang mudah dibeli di apotek adalah Rohto V-Extra. Obat ini dapat mengatasi belekan berlebihan akibat mata kering serta gejala yang menyertainya berkat kandungan tetrahydrozoline dan macrogol 400. 

Macrogol 400 dapat melindungi mata dari iritasi serta memberikan kelembapan pada mata. Sementara itu, Tetrahydrozoline mampu meredakan mata merah, perih, dan rasa mengganjal saat terjadi iritasi mata. 

Beli Rohto V-Extra Eye Drop 7 ml di Sini

3. Cendo Fenicol

farmaku_cendo-fenicol-0.25%-eye-drop-5-ml-01

Cendo Fenicol merupakan obat yang dapat mengatasi mata belekan akibat infeksi bakteri. Obat ini mengandung bahan aktif chloramphenicol, yaitu antibiotik yang bekerja dengan mengganggu pertumbuhan bakteri. 

Hasilnya, gejala infeksi bakteri pada mata, seperti mata gatal, merah, dan belekan berlebihan dapat diatasi. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Cendo Fenicol 0.25% Eye Drop 5 ml di Sini

Beli Cendo Fenicol 0.5% Eye Drop 5 ml di Sini

4. Cendo Eyefresh

farmaku_cendo-eyefresh-strip-5-minidose-01

Cendo Eyefresh juga cocok digunakan untuk mengatasi belekan yang disebabkan oleh iritasi mata. Kandungan hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) dan dextran 70 dapat mengatasi mata yang terkena iritasi. 

Selain itu, Cendo Eyefresh juga dapat bertindak seperti air mata alami sehingga membuat mata menjadi lebih nyaman. 

Beli Cendo Eyefresh Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

Beli Cendo Eyefresh Eye Drop 5 ml di Sini

5. Cendo Xitrol

Apotek_Online_Farmaku.com_WL_Cendo_Xitrol

Cendo Xitrol adalah obat belekan yang ada di apotek. Obat ini mengandung kombinasi antibiotik polymyxin B sulfate dan neomycin sehingga ampuh untuk mengatasi belekan akibat infeksi bakteri. 

Selain itu, Cendo Xitrol juga mengandung dexamethasone yang dapat meredakan gejala lain dari infeksi bakteri mata, seperti mata merah. 

Cendo Xitrol termasuk dalam golongan obat keras, sehingga Anda tidak boleh menggunakan obat ini sembarangan. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter.

Beli Cendo Xitrol Eye Drop 5 ml di Sini

6. Y-Rins Eye

farmaku_y-rins-eye-liquid-12-ml-2-botol-01

Y-Rins Eye adalah larutan pencuci mata yang cocok digunakan untuk mengatasi belekan akibat mata kering atau iritasi ringan pada mata. Obat ini mampu membersihkan mata sekaligus memberikan kesejukan bagi mata. 

Beli Y-Rins Eye Liquid 12 ml 2 Botol di Sini

Beli Y-Rins Eye Liquid 12 ml 10 Botol di Sini

Itulah beberapa obat mata belekan yang ada di apotek. Jika belekan disertai dengan rasa tidak nyaman, gatal, atau perih pada mata, maka Anda disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter. 

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2024. Eye Discharge. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/eye-discharge. (Diakses pada 24 September 2024).
Bedinghaus, Troy. 2024. Types of Eye Mucus, Discharge, and Their Causes. https://www.verywellhealth.com/eye-mucus-types-3422108. (Diakses pada 24 September 2024).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan