Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Basic Skincare untuk Pemula dan 3 Rekomendasi Produknya

Basic skincare adalah rangkaian perawatan kulit dasar yang terdiri dari beberapa langkah utama, termasuk  membersihkan, menutrisi, dan melindungi kulit. Langkah-langkahnya bergantung pada kebutuhan Anda dan jumlah waktu yang Anda miliki. 

Lebih lengkapnya simak manfaat basic skincare untuk pemula, langkah-langkahnya, hingga rekomendasi produk skincare dalam ulasan di bawah ini.

Ketahui Jenis Kulit Anda Lebih Dahulu

Menentukan jenis kulit yang ANda miliki adalah tahapan paling utama sebelum memulai daily skincare routine. Hal ini untuk membantu Anda dalam memilih produk skincare. Ini alasanya karena setiap jenis kulit yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda-beda yang harus dipenuhi oleh produk skincare. 

Sebagai contoh, apabila kondisi kulit kering, tentu harus memilih produk skincare yang mengandung bahan pelembap lebih banyak dari jenis kulit berminyak atau lainnya. Biasanya jenis kulit dikategorikan menjadi 4 jenis, Antara lain:

  • Kulit kering.
  • Kulit berminyak.
  • Kulit sensitif.
  • Kulit kombinasi.

Setelah mengetahui jenis kulit yang Anda miliki, menjadi lebih mudah untuk mengkategorikan produk mana yang perlu digunakan dan produk mana yang harus dihindari. Ada banyak produk yang juga memberi label jenis kulit pada produknya sehingga memudahkan konsumen untuk mencari produk skincare yang sesuai jenis kulit yang dimiliki.

Selain itu, penting pula bagi Anda untuk mengetahui setiap orang memiliki kulit yang berbeda meskipun memiliki jenis yang sama. Mungkin suatu produk skincare bekerja dengan sangat baik pada seseorang, namun belum tentu cocok untuk Anda. 

Oleh karena itu, mengenali jenis kulit yang Anda miliki dengan baik adalah salah satu langkah yang bijak. Jika sudah menemukan produk skincare yang sesuai jenis kulit, Anda bisa memulai menggunakan basic skincare dengan tahapannya.

Baca juga: Cara Memilih Skincare yang Tepat, Pemula Harus Tahu

Manfaat Melakukan Basic Skincare untuk Kulit

Berkomitmen terhadap rutinitas skincare yang konsisten akan membuat kulit bersih, jernih, terhidrasi, dan sehat. Melakukan rutinitas sederhana, termasuk rutinitas yang mencakup satu atau dua produk, dan hanya beberapa menit. Seperti halnya kebiasaan, menjadikan rutinitas sebagai bagian dari jadwal harian memerlukan konsistensi.

Berikut ini berbagai manfaat basic skincare bagi kulit, di antaranya:

  1. Anda memulai dengan segar dan menyelesaikannya dengan bersih untuk memberikan kulit Anda kesempatan untuk melawan.
  2. Kulit tetap terhidrasi sepanjang hari hingga malam.
  3. Sel-sel mendapatkan dosis oksigen yang sangat dibutuhkan secara konsisten.
  4. Perbaikan dan hidrasi harian membuat kulit lebih halus dan warna lebih merata.
  5. Pengangkatan sel kulit mati secara konsisten yang meningkatkan kilau alami kulit.
  6. Tekstur kulit lebih baik dan lebih halus dengan perawatan yang konsisten.
  7. Menciptakan ritual perawatan kesehatan dapat membuat struktur di sekitar rutinitas ANda
  8. Memprioritaskan perawatan diri dapat membantu meningkatkan kondisi pikiran secara umum.

Tahapan Basic Skincare

Anda baru memulai untuk menggunakan skincare, disarankan untuk mengawalinya dengan tiga langkah dasar perawatan kulit. Namun ini bisa Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulit Anda.

Tiga tahapan basic skincare ini termasuk berikut:

1. Cleansing

Membersihkan wajah adalah tahapan skincare yang sangat penting dalam merawat kesehatan kulit. Untuk itu, bersihkan wajah menggunakan facial wash maksimal sebanyak dua kali dalam sehari. 

Manfaat membersihkan wajah dengan face wash dapat membantu mengangkat sisa debu, kotoran serta minyak dan bakteri yang menempel di kulit. Mencuci wajah di pagi hari juga dapat membantu mengurangi sisa minyak dan skincare yang masih menempel ketika malam hari. 

Sementara itu mencuci wajah pada malam atau sore hari bisa membantu membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel. Agar memaksimalkan kerja produk di kulit Anda, sebaiknya pilihlah face wash yang sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. 

Jika kondisi kulit wajah Anda kering, mungkin bisa memilih produk facial wash yang dapat melembapkan untuk membantu mengembalikan kelembapan alami kulit dan menjaga skin barrier Anda. Disarankan pilihlah face wash yang lembut dan menghidrasi kulit.

2. Moisturizing

Fungsi menggunaan pelembap pada rangkaian skincare routine mampu membantu mengisi kembali air yang hilang dari kulit. Pelembap berbahan hyaluronic acid dan ceramide dapat memberikan hidrasi sehat yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

Sebagian orang yang memiliki kulit berminyak mungkin berpikir bahwa ia tidak membutuhkan pelembap. Namun, penggunaan pelembap pada kulit berminyak tetap penting. 

Faktanya, kurangnya kelembapan membuat kulit menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbanginya, yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan bahkan memicu berjerawat.

3. Protecting

Tahapan basic skincare routine yang juga penting adalah melindungi kulit wajah dengan tabir surya. Meskipun banyak orang menganggap bahwa menggunakan tabir surya hanya saat pergi ke pantai, namun nyatanya tabir surya juga penting digunakan setiap hari, terutama ketika berada di bawah paparan sinar matahari.

Saat ini banyak produk pelembap maupun kosmetik yang mengandung SPF, sehingga memudahkan dalam melindungi kulit tanpa harus membeli lebih dari satu produk skincare. Untuk itu, pastikan pelindung memiliki formula yang mengandung SPF lebih dari 30 untuk agar kulit terlindungi dengan baik.

Baca juga: Manfaat Vitamin E untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Rekomendasi Produk Basic Skincare

Ada sejumlah pilihan basic skincare yang dapat Anda gunakan sesuai kondisi dan permasalahan kulit yang Anda miliki, berikut di antaranya:

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser merupakan produk pembersih kulit wajah dan tubuh yang ampuh untuk menghilangkan kotoran, riasan, dan debu di kulit dengan lembut tanpa menyebabkan kulit kering.

Kombinasi niacinamide (vitamin B3), pro-vitamin B5, dan glycerin yang terkandung di dalamnya dapat menjaga kelembapan alami kulit. Ini mampu melindungi dari 5 tanda kulit sensitif, seperti dehidrasi, kaku, kasar, tidak nyaman, dan lapisan kelembapan kulit terganggu.

Dapatkan produk Cetaphil Gentle Skin Cleanser pada tautan berikut.

Beli Cetaphil Gentle Skin Cleanser 250 ml di Sini

Beli Cetaphil Gentle Skin Cleanser 500 ml di Sini

2. La Roche Posay Soothing Cream Cicaplast Baume B5+

La Roche Posay Cicaplast Baume B5+ adalah krim serbaguna yang membantu menutrisi kulit, memperkuat skin barrier, dan mengatasi iritasi ringan pada kulit.

Kandungan tribioma, madecassoside, dan kombinasi copper-zinc-manganese dalam skincare ini mampu memperbaiki skin barrier. Sedangkan panthenol dalam krim mampu menenangkan kulit yang iritasi ringan, kemerahan, dan sensitif.

Krim ini juga mampu melembapkan dan menutrisi sehingga menjadikan kulit tampak lebih lembut dan terasa halus. 

Anda bisa mendapatkan produk ini dalam tautan berikut.

Beli La Roche Posay Soothing Cream Cicaplast Baume B5+ Tube 40 ml di Sini

3. La Roche Posay Moisturizer Effaclar Duo+

La Roche Posay Effaclar Duo+ adalah pelembap yang dapat digunakan untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat.

Produk ini mengandung La Roche Posay Thermal Spring Water yang dapat memudarkan bekas jerawat.

Tekstur gel cream dari skincare ini mampu menghidrasi dan bebas kilap, sehingga bagus digunakan sebagai base make up. 

Pelembap ini juga dilengkapi dengan niacinamide, bahan aktif yang berfungsi untuk menenangkan dan meredakan kulit kemerahan.

Selain itu, kandungan aqua posae filiformis & mannose dalam produk ini mampu membantu keseimbangan mikrobioma kulit untuk jangka panjang dan meregenerasi kulit.

Bila Anda tertarik dengan produk ini, dapatkan pada tautan berikut.

Beli La Roche Posay Moisturizer Effaclar Duo+ Tube 40 ml di Sini

Itu dia rekomendasi produk basic skincare yang dapat Anda gunakan dan bisa Anda dapatkan di Farmaku.

Apabila anda bingung untuk memulai menggunakan skincare sebagai perawatan kulit, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan. Ini untuk membantu Anda memahami kondisi kulit dan menentukan produk skincare yang cocok untuk Anda.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk berkonsultasi seputar kesehatan kulit, termasuk masalah kulit dan cara mengatasinya.

Goodhousekeeping. Diakses pada 3 Juni 2024. The Best Daily Skincare Routine, According to Dermatologists. https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a22850819/best-skincare-routine/

Healthline. Diakses pada 3 Juni 2024. What Order Should I Follow for My Skin Care Routine?. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/order-of-skin-care#morning-routine

Truly O2. Diakses pada 3 Juni 2024. 8 Benefits of a Daily Skincare Routine. https://www.trulyo2.com/pages/8-benefits-of-a-daily-skincare-routine

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan