Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Cara Memilih Skincare yang Tepat, Pemula Harus Tahu

Industri kecantikan sedang menjadi fenomena, dengan hadirnya produk perawatan kulit baru yang beredar di pasaran hampir setiap hari. Dengan begitu banyak pilihan skincare yang tersedia, memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis dan permasalahan kulit Anda bisa jadi sangat membingungkan. Jika Anda bingung, simak cara memilih skincare yang tepat dalam ulasan di dalam di bawah ini.

Tips Memilih Skincare

Skincare adalah serangkaian perawatan kulit untuk menyehatkan kulit dan meningkatkan penampilan. Ada banyak tahapan dalam menggunakan skincare di setiap harinya baik saat pagi maupun malam. 

Namun, sangat disarankan untuk memilih produk skincare yang tepat bagi kulit Anda. Jika salah dalam memilih produk dapat memperparah kondisi kulit dan memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah panduaan cara memilih skincare untuk Anda, antara lain:

1. Mengetahui Jenis Kulit

Tahapan ini sangat dasar tetapi penting untuk dilakukan dalam perawatan kulit. Tanpa mengetahui tipe atau kondisi kulit Anda, mungkin akan sulit untuk menentukan produk skincare yang cocok untuk Anda. 

Umumnya, ada beberapa jenis kulit yaitu normal, kering, dan berminyak. Jika bingung mengenali tipe kulit yang mana, Anda bisa memastikannya dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan.

2. Pahami Permasalahan Kulit Anda

Setelah mengidentifikasi tipe kulit Anda, selanjutnya cari tahu masalah kulit apa yang Anda alami. Masalah kulit yang umum dialami termasuk jerawat, hiperpigmentasi, sensitivitas, penuaan, dan dehidrasi. 

Jia memilikinya, buatlah daftar masalah kulit utama yang Anda miliki untuk memudahkan Anda dalam memilih produk skincare yang cocok sesuai masalah kulit yang diderita.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Sensitif yang Bisa Diandalkan

3. Cek Data BPOM dan Sertifikasi Produk

Salah satu kategori skincare yang aman adalah telah lulus uji dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Namun, izin BPOM bersifat unik untuk satu produk dan bukan brand. Jadi sangat mungkin apabila terdapat produk dari suatu merek yang belum atau masih diproses izin edarnya. 

Selain legalitas yang jelas, skincare yang aman juga harus informatif terkait produknya, seperti menyertakan tempat produksi maupun nama dokter yang meraciknya pada kemasan produk skincare.

4. Memeriksa Kandungan Skincare

Saat memilih produk perawatan kulit, sangat penting untuk memerhatikan daftar kandungan bahannya. Sebaiknya cari produk skincare dengan bahan-bahan utama yang mengatasi masalah kulit Anda dan hindari bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit. 

Berikut adalah beberapa bahan penting yang harus Anda perhatikan berdasarkan masalah kulit yang berbeda, antara lain:

  • Kulit Rawan Jerawat. Carilah produk yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, atau tea tree oil untuk melawan jerawat.
  • Anti Penuaan. Beberapa bahan seperti retinol, peptida, dan asam hialuronat dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan meningkatkan elastisitas kulit.
  • Kulit Kering. Pilihlah produk dengan kandungan asam hialuronat, gliserin, dan ceramide untuk menghidrasi dan menutrisi kulit kering.
  • Kulit Sensitif. Bahan-bahan lembut dan bebas pewangi seperti lidah buaya, kamomil, dan oatmeal sangat cocok untuk kulit sensitif.

Baca Juga: Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berjerawat, Aman Digunakan Setiap Hari

5. Uji Coba Produk Baru

Sebelum memilih produk perawatan kulit baru ke dalam rutinitas skincare Anda, penting bagi Anda untuk melakukan uji tempel untuk mengetahui adanya reaksi merugikan untuk kulit. 

Cara melakukan uji tempel dengan mengoleskan sedikit produk ke area tersembunyi di kulit Anda dan perhatikan tanda-tanda iritasi atau sensitivitas.

6. Pilih Formulasi yang Tepat

Produk perawatan kulit tersedia dalam berbagai formulasi, antara lain serum, krim, gel, minyak, dan masker. Jadi pertimbangkanlah jenis dan preferensi kulit Anda saat memilih formulasi produk skincare, antara lain:

  • Serum. Ringan dan terkonsentrasi tinggi, serum ideal untuk mengatasi masalah kulit tertentu.
  • Krim. Tekstur krim lebih kental dan memberikan lebih banyak hidrasi, sehingga cocok untuk kondisi kulit kering.
  • Gel. Produk berbahan dasar gel ringan dan cocok untuk jenis kulit berminyak atau kombinasi.
  • Minyak. Facial oil sangat bagus untuk menjaga kelembapan dan menutrisi kulit.
  • Masker. Rawat kulit menggunakan masker mingguan untuk mengatasi masalah tertentu seperti hidrasi, mencerahkan, atau detoksifikasi.

Baca Juga: Tips Merawat dan Mengatasi Kulit Sensitif Berjerawat

7. Jangan Gunakan Terlalu Banyak Produk

Meskipun ada banyak produk skincare yang memberikan manfaat yang sama, namun belum tentu semuanya cocok untuk kondisi kulit Anda. 

Menggunakan terlalu banyak produk skincare tidak baik karena dapat memberikan efek buruk, yakni iritasi kulit dan kelebihan bahan aktif bagi kulit. Oleh sebab itu, gunakanlah skincare sesuai kondisi kulit Anda atau berdasarkan saran dari dokter kulit.

8. Berkonsultasi dengan Dokter Kulit

Meskipun Anda dapat membangun rutinitas perawatan kulit yang efektif sendiri, berkonsultasi dengan dokter kulit dapat memberikan panduan untuk Anda. Dokter kulit dapat merekomendasikan produk dan perawatan berdasarkan kebutuhan dan kekhawatiran unik kulit Anda, sehingga memberikan hasil terbaik.

Nah, itulah cara mudah memilih produk skincare agar kulit Anda aman dari masalah dan efek samping yang tidak diinginkan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika Anda bingung memilih skincare, konsultasikanlah ke dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk berkonsultasi seputar kesehatan kulit, termasuk masalah kulit hingga tips menggunakan skincare.

Dermatologynwhouston. Diakses pada 30 Mei 2024. Tips for Choosing the Right Skincare Products. https://www.dermatologynwhouston.com/tips-for-choosing-the-right-skincare-products/

Myhinine. Diakses pada 30 Mei 2024. What Is The Right Way Of Selecting Skincare Products?. https://myhinine.com/blogs/skin-care/what-is-the-right-way-of-selecting-skincare-products

Medium. Diakses pada 30 Mei 2024. The Ultimate Guide to Choosing the Right Skincare Products. https://medium.com/@fros

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan