Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Manfaat Vitamin E untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak yang bersifat sebagai antioksidan, yang membantu melindungi sel dari kerusakan. Vitamin ini merupakan mineral yang disebut-sebut dapat meningkatkan kelembapan yang membuat kulit halus, kenyal, dan bercahaya. Selain itu ada banyak manfaat lainnya dari vitamin E. Selengkapnya cek daftar manfaat vitamin E untuk kulit dalam ulasan di bawah ini.

Beragam Manfaat Vitamin E

Menggunakan vitamin E sangat bagus baik untuk kulit wajah maupun kulit tubuh karena memberikan banyak manfaat. Hal ini karena vitamin E memiliki sifat yang dapat menyehatkan kulit.

Berikut ini berbagai manfaat vitamin E untuk kulit, antaranya:

1. Mengurangi Kerutan

Berkat perannya sebagai antioksidan, vitamin E bermanfaat bagi kulit, melindunginya dari tanda-tanda penuaan – seperti kerutan – yang disebabkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin baik dari makanan maupun suplemen dapat membantu menunjang kesehatan Anda. 

Jika tubuh tidak memiliki perlindungan antioksidan yang cukup untuk menetralisir radikal bebas, lapisan lipid sel berisiko mengalami kerusakan. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi dan asam amino, menyebabkan kerusakan DNA, dan oksidasi protein yang berujung pada tanda-tanda penuaan.

Baca juga: Rekomendasi Suplemen Vitamin E yang Bagus untuk Kulit dan Imun Tubuh

2. Menyamarkan Flek Hitam

Memiliki flek hitam di kulit wajah sebenarnya tidaklah berbahaya, namun ini dapat membuat Anda tidak percaya diri terhadap penampilan.

Flek hitam bisa dihilangkan dengan menggunakan krim atau minyak dengan kandungan vitamin E pada kulit wajah. Anda bisa menggunakan krim vitamin E secara bersamaan dengan dengan vitamin C untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit Bibir

Minyak vitamin E topikal dapat digunakan untuk membantu meredakan bibir pecah-pecah dan kering. Karena vitamin E mendorong pergantian dan regenerasi sel, menggunakannya pada bibir kering akan membawa sel-sel baru ke permukaan lebih cepat.

Konsistensi minyak vitamin E yang kental dan berminyak juga mampu mencegah iritasi lebih lanjut.

4. Menyamarkan Bekas Jerawat

Vitamin E dapat digunakan sebagai pengobatan untuk membantu menyamarkan bekas jerawat. Vitamin ini bisa digunakan untuk bekas jerawat baik yang ringan hingga yang berat.

Anda bisa menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin E yang membantu meregenerasi sel kulit, sehingga menyamarkan bekas jerawat.

Baca juga: Rekomendasi Vitamin untuk Kulit Kering yang Patut Dicoba!

5. Melembabkan

Para peneliti telah menemukan bahwa produk yang mengandung vitamin E dapat membantu melembabkan kulit. Namun, penelitian belum mengidentifikasi hubungan antara asupan vitamin E dan hidrasi kulit.

Oleh karena itu, orang yang ingin menggunakan vitamin E sebagai pelembap sebaiknya tetap menggunakan produk topikal yang mengandung vitamin tersebut.

6. Mencegah Kanker Kulit

Sebuah penelitian di tahun 2013 menemukan bahwa tikus yang diberi suplemen yang mengandung vitamin E lebih kecil kemungkinannya terkena kanker kulit, bahkan ketika terkena sinar ultraviolet (UV) dalam jumlah besar. 

Namun, khasiat vitamin E untuk kanker kulit masih memerlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

7. Mengurangi Gatal dan Eksim

Manfaat vitamin E dapat membantu mengurangi kulit gatal dan meredakan eksim.

Vitamin E tidak dapat mengobati reaksi alergi, infeksi, dan masalah lain yang menyebabkan gatal pada kulit.

Namun, karena melembapkan kulit, vitamin E ini dapat meredakan gatal-gatal yang disebabkan oleh kulit kering untuk sementara.

Selain penggunaan vitamin E, menjaga kelembapan kulit dengan baik juga dapat membantu mencegah kulit kering, dan mencegah gejala seperti gatal.

8. Mengatasi Psoriasis

Satu penelitian telah mengaitkan vitamin E topikal dengan pengurangan gejala psoriasis. Keunggulan lainnya, penelitian telah menunjukkan bahwa tidak ada efek samping yang serius.

Minyak vitamin E mungkin merupakan pilihan yang baik untuk Anda yang ingin menghindari pengobatan resep dan menderita psoriasis ringan.

Baca juga: Rekomendasi Vitamin Penambah Stamina Agar Tubuh Tetap Bugar dan Fit

9. Mencegah Kulit Terbakar

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat membantu mencegah kulit terbakar akibat sengatan matahari.

Kendati minyak vitamin E dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit kering dan bersisik, vitamin ini dapat membantu meredakan rasa terbakar dan gatal akibat sengatan matahari.

10. Menyeimbangkan Produksi Sebum

Produksi sebum tidak hanya pada kulit wajah, tetapi pada area kulit kepala dan tubuh. Sebum bermanfaat melembabkan kulit, namun jika produksinya berlebihan dapat menyebabkan kulit berminyak yang memicu munculnya jerawat dan komedo.

Untuk mengatur dan menyeimbangkan produksi sebum pada kulit, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin. Manfaat vitamin E juga dapat menyerap minyak berlebih.

Nah, itu dia ulasan mengenai berbagai macam manfaat vitamin E baik untuk kulit wajah maupun kulit tubuh. Meskipun vitamin ini memberikan manfaat bagi kulit, alangkah baiknya konsultasikan ke dokter kulit terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui kondisi kulit dan kesamaannya dalam menggunakan vitamin E untuk jenis kulit Anda.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk berkonsultasi seputar kesehatan kulit, termasuk penggunaan vitamin E dan dan dosisnya untuk perawatan kulit.

Healthline. Diakses pada 30 Mei 2024. How Can Vitamin E Oil Help the Appearance and Health of My Face?. https://www.healthline.com/health/vitamin-e-for-face#benefits

Medical News Today. Diakses pada 30 Mei 2024. Ten benefits of vitamin E oil. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318168#Risks-and-considerations

Medical News Today. Diakses pada 30 Mei 2024. What are the benefits of vitamin E for the skin?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/vitamin-e-for-skin

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan