8 Obat Alergi Dingin yang Bisa Didapatkan di Apotek

obat alergi dingin di apotek

Obat alergi dingin dapat membantu meredakan gejala gatal dan biduran yang muncul saat Anda kontak dengan suhu dingin. Sebenarnya, reaksi alergi dingin dapat hilang dengan sendirinya. Namun, terkadang gejala yang timbul bisa lebih parah dan membutuhkan obat.

Daftar Obat Alergi Dingin yang Ampuh di Apotek

Alergi dingin merupakan kondisi yang ditandai dengan biduran dan gatal setelah terpapar suhu dingin. Reaksi ini muncul saat tubuh melepaskan histamin, yaitu senyawa alami tubuh yang menyebabkan reaksi alergi

Apabila reaksi alergi dingin terlalu berlebihan hingga mengganggu aktivitas dan kenyamanan, maka Anda perlu bantuan obat. 

Berikut adalah beberapa obat yang dapat digunakan untuk meredakan gejala alergi dingin, yaitu:

Incidal OD

Salah satu obat yang dikenal ampuh untuk mengatasi reaksi alergi dingin adalah Incidal OD. Obat ini mengandung cetirizine yang mampu menekan respons sistem imun tubuh saat ada pemicu alergi. 

Obat ini tidak hanya dapat digunakan untuk meredakan alergi dingin, tetapi juga mampu meredakan reaksi alergi lain, seperti rhinitis alergi. 

Beli Incidal OD 10 mg Capsule di Sini

Cetirizine

Saat tubuh terpapar zat pemicu alergi (alergen), maka tubuh akan memproduksi banyak histamin. Kondisi inilah yang menyebabkan Anda mengalami bersin, gatal, biduran, atau reaksi alergi lainnya. 

Cetirizine termasuk dalam golongan obat antihistamin yang dapat menghalangi jumlah histamin dalam tubuh saat ada paparan zat pemicu alergi. Dengan demikian, reaksi alergi dapat diredakan atau bahkan dicegah. 

Perlu diingat, obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga pembeliannya perlu disertai dengan resep dokter. Anda juga perlu konsumsi obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditentukan oleh dokter.  

Beli Cetirizine 10 mg Tablet Hexp di Sini

Alleron

Obat lain yang efektif untuk meredakan gejala alergi dingin adalah Alleron. Obat ini efektif untuk meredakan gatal dan biduran pada alergi dingin serta mampu meredakan gejala alergi lainnya. 

Alleron mengandung senyawa aktif chlorpheniramine maleate yang bekerja dengan cara mengurangi reaksi alergi yang ditimbulkan oleh tubuh. Dengan demikian, biduran dan gatal akibat alergi dingin dapat diredakan.

Beli Alleron 4 mg Strip 10 Tablet di Sini

Loratadine

Loratadine termasuk dalam obat antihistamin generasi kedua, sehingga lebih jarang menyebabkan kantuk jika dibandingkan dengan obat antihistamin lain. Obat ini cocok untuk Anda yang mengalami reaksi alergi dingin tetapi harus tetap melakukan aktivitas harian.

Obat Loratadine dapat menghambat kerja histamin saat tubuh terpapar alergen, sehingga reaksi alergi dapat diredakan atau dicegah. Namun, obat ini hanya mampu meredakan gejala dan tidak dapat menyembuhkan alergi sepenuhnya. 

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda perlu menggunakan obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Loratadine 10 mg Tablet Novell di Sini

Dextamine

Obat lainnya yang dapat digunakan untuk meredakan gejala alergi dingin adalah Dextamine. Obat ini mengandung dua senyawa aktif, yaitu dexamethasone dan dexchlorpheniramine

Dexamethasone merupakan obat yang mampu meredakan peradangan. Sementara itu, dexchlorpheniramine dapat meredakan gejala alergi. 

Tidak hanya dapat mengatasi gejala alergi dingin, tetapi obat ini juga dapat meredakan gejala alergi lainnya, seperti rhinitis alergi, dermatitis, atau pilek. 

Beli Dextamine Tablet di Sini

Ozen 

Ozen adalah obat dengan kandungan cetirizine. Obat ini mampu menghalangi jumlah histamin yang diproduksi secara berlebihan saat tubuh terkena suhu dingin. Hasilnya, gatal dan biduran dapat diredakan.

Perlu diingat bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga obat ini hanya boleh dibeli dengan disertai resep dokter. 

Beli Ozen Drop 12 ml di Sini

Alloris

Alloris juga dapat digunakan untuk meredakan gejala alergi dingin. Obat ini mengandung loratadine yang termasuk dalam obat antihistamin generasi dua. 

Obat ini efektif untuk menghambat histamin dalam tubuh, yaitu senyawa yang menyebabkan biduran dan gatal akibat alergi dingin.

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Alloris 10 mg Tablet di Sini

Aerius

Aerius merupakan obat antialergi yang juga dapat digunakan untuk meredakan gejala alergi dingin. Obat ini mengandung senyawa aktif desloratadine yang bekerja dengan cara menghambat kerja histamin dalam tubuh. 

Termasuk dalam golongan obat keras, obat ini hanya dapat dibeli dengan resep dokter. Selain itu, konsumsi obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Aerius 5 mg Tablet di Sini

Itulah beberapa obat alergi dingin yang umumnya ada di apotek. Agar tidak salah membeli obat, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga: