Obat Anyang-anyangan di Apotek yang Dijual Bebas & Butuh Resep

oba anyang-anyangan di apotek

Obat anyang-anyangan di apotek bisa Anda dapatkan secara bebas atau dengan resep dokter. Penggunaan obat dapat membantu mengurangi keluhan perih saat buang air kecil.

Apa saja obat yang bisa digunakan untuk mengatasi anyang-anyangan? Farmaku sudah merangkumnya untuk Anda.

Daftar Obat Anyang-anyangan yang Ampuh dan Tersedia di Apotek

Anyang-anyangan merupakan suatu kondisi ketika buang air kecil terasa menyakitkan, terdapat sensasi terbakar, atau tidak nyaman.

Orang dengan masalah ini juga memiliki keinginan buang air kecil yang meningkat atau buang air kecil yang seolah-olah tidak tuntas.

Umumnya, kondisi tersebut merupakan gejala infeksi saluran kemih. Namun, anyang-anyangan juga dapat disebabkan oleh kondisi lain, seperti infeksi menular seksual (ISK), batu ginjal, dan vaginitis.

Jika kondisi ini sudah mengganggu, tetapi belum sempat diperiksa ke dokter, Anda dapat mengonsumsi obat bebas untuk anyang-anyangan di apotek.

Berikut ini adalah beberapa obat anyang-anyangan yang bisa Anda gunakan:

1. Nephrolit

Nephrolit termasuk obat anyang-anyangan di apotek yang bisa Anda konsumsi secara bebas. Ini artinya, penggunaan obat tidak memerlukan resep dokter.

Obat herbal ini dapat meredakan keluhan nyeri di saluran kemih yang disebabkan oleh terbentuknya batu di lokasi tersebut.

Konsumsi obat dapat membantu meluruhkan batu-batu dan membantu buang air kecil menjadi lebih lancar.

Beli Nephrolit Strip 5 Capsule di Sini

2. Urotractin

Anyang-anyangan yang disebabkan oleh infeksi saluran kemih dapat diobati dengan Urotractin.

Obat ini merupakan antibiotik dengan kandungan pipemidic acid. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan pertumbuhan bakteri sehingga gejala dapat mereda.

Sama seperti obat antibiotik lainnya, Urotractin harus digunakan sesuai resep dokter dan perlu dikonsumsi sampai habis.

Beli Urotractin 400 mg Capsule di Sini

3. Ibuprofen

Anyang-anyangan dapat menyebabkan keluhan nyeri saat berkemih. Rasa nyeri yang dirasakan bisa mengganggu hingga menghambat aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti Ibuprofen. Obat ini bekerja dengan menghambat prostaglandin, pemicu keluhan nyeri atau sakit di tubuh.

Namun, penggunaan obat ini harus sesuai resep dan anjuran dari dokter, ya.

Beli Ibuprofen 400 mg Tablet di Sini

Beli Ibuprofen 200 mg Tablet di Sini

4. Urogetix

Infeksi di saluran kemih merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan anyang-anyangan. Kondisi ini dapat diatasi dengan Urogetix.

Obat Urogetix dapat membantu mengobati gejala akibat iritasi atau infeksi di saluran kemih.

Phenazopyridine HCl di dalam obat ini bertindak sebagai bius lokal yang akan menenangkan dinding saluran kemih.

Beli Urogetix 100 mg Caplet di Sini

5. Paracetamol

Salah satu obat lain yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat anyang-anyangan adalah Paracetamol.

Obat ini bekerja dengan menghambat terbentuknya prostaglandin, suatu zat yang menyebabkan peradangan dan menyebabkan nyeri. Dengan terhambatnya zat tersebut, keluhan nyeri dapat mereda.

Paracetamol memang umum digunakan untuk menurunkan demam. Namun, Anda juga dapat menggunakannya sebagai obat anyang-anyangan di apotek yang bisa diperoleh secara bebas.

Beli Paracetamol 500 mg Tablet di Sini

6. Sanprima

Obat anyang-anyangan di apotek yang perlu resep dokter selanjutnya adalah Sanprima. Obat ini bisa diresepkan jika kondisi yang dialami disebabkan oleh adanya infeksi di saluran kemih.

Kandungan cotrimoxazole di dalam obat dapat membantu menghentikan perkembangbiakan bakteri. Pada akhirnya, gejala akibat infeksi bakteri tersebut dapat berkurang.

Sanprima adalah obat antibiotik. Jadi, Anda harus menggunakannya sesuai resep dokter dan menghabiskan obat sesuai resep tersebut.

Beli Sanprima Tablet di  Sini

Beli Sanprima Forte di Sini

Beli Sanprima Syrup di Sini

7. Harnal Ocas

Anyang-anyangan yang disebabkan oleh pembesaran kelenjar prostat (benign prostatic hyperplasia) dapat diobati dengan Harnal Ocas.

Obat ini dapat membantu mengatasi keluhan sulit buang air kecil atau keinginan buang air kecil yang meningkat.

Kandungan bahan aktif tamsulosin di dalam obat dapat membantu rileksasi otot kelenjar prostat dan kandung kemih sehingga aliran urine menjadi lebih lancar.

Beli Harnal Ocas 0.4 mg Tablet di Sini

8. Urispas

Urispas merupakan salah satu obat anyang-anyangan di apotek yang bisa digunakan dengan resep dokter.

Obat ini mengandung flavoxate yang bekerja dengan cara melemaskan otot-otot di saluran kemih dan kandung kemih. Keduanya dapat bekerja terlalu aktif jika terjadi peradangan dan iritasi.

Pada kasus anyang-anyangan, Urispas dapat membantu mengatasi gejala kesulitan berkemih ataupun keluhan nyeri ketika berkemih.

Beli Urispas 200 mg Tablet di Sini

9. Batugin Elixir

Batugin Elixir adalah obat herbal yang dapat dikonsumsi untuk meredakan keluhan nyeri ketika berkemih.

Obat ini mengandung ekstrak Sonchi folium dan Stribilanthi folium yang diketahui berkhasiat untuk membantu meluruhkan batu ginjal dan batu saluran kemih.

Beli Batugin Elixir 120 ml di Sini

Beli Batugin Elixir 300 ml di Sini

Itulah beberapa obat anyang-anyangan di apotek yang bisa Anda dapatkan dengan atau tanpa resep dokter.

Untuk memastikan penyebab anyang-anyangan dan obat yang digunakan sudah sesuai, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Baca juga: