9 Obat Campak yang Bisa Dibeli di Apotek

obat campak yang ampuh di apotek

Obat campak dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi gejala penyakit campak. Penggunaan obat juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya gejala berat dan komplikasi serius akibat penyakit campak.

Apa saja obat campak di apotek yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala dan mencegah komplikasi penyakit? Simak dalam artikel ini.

Daftar Obat Campak yang ampuh

Campak (measles) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini dapat menimbulkan sejumlah gejala, seperti sakit tenggorokan, diare, demam, hingga ruam kulit.

Pengobatan campak meliputi obat pereda nyeri, penurun panas, antibiotik, dan suplemen vitamin A.

Berikut ini adalah berbagai obat campak di apotek yang bisa didapatkan secara bebas dan dengan resep dokter:

1. Isprinol Sirup

Isprinol adalah salah satu obat yang dapat diresepkan oleh dokter untuk mengobati gejala penyakit campak.

Obat ini mengandung methisoprinol, yaitu obat golongan antivirus yang bekerja dengan cara menghentikan penyebaran virus di dalam tubuh. Dengan demikian, gejala akibat infeksi virus tersebut dapat berkurang.

Selain mengatasi gejala penyakit campak, Isprinol dapat digunakan untuk mengobati gejala penyakit yang disebabkan oleh virus lainnya, seperti influenza, hepatitis A, dan herpes simpleks.

Isprinol Sirup termasuk obat keras. Maka dari itu, penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dan rekomendasi dokter atau tenaga medis profesional.

Beli Isprinol Sirup 60 ml di Sini

2. Zovirax

Zovirax adalah salah satu obat campak yang dapat direkomendasikan oleh dokter. Obat ini merupakan antivirus yang dapat membantu menghambat pertumbuhan virus di tubuh.

Penggunaan Zovirax harus sesuai dengan resep dokter. Selain itu, Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaan obat ini jika memiliki riwayat hipersensitif terhadap kandungan obat atau memiliki kondisi medis tertentu.

Selain sebagai obat untuk campak, Zovirax umum digunakan pada pengobatan gejala penyakit akibat infeksi virus lainnya, seperti cacar air, cacar api, dan herpes.

Beli Zovirax 200 mg Tablet di Sini

3. Paracetamol

Demam merupakan gejala penyakit campak yang dapat dialami. Gejala ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, bahkan dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Agar demam mereda dan Anda bisa segera beraktivitas kembali, obat penurun panas dapat dikonsumsi.

Salah satu obat penurun panas yang dialami saat terkena campak adalah Paracetamol. Obat campak di apotek ini bisa Anda dapatkan secara bebas tanpa memerlukan resep dokter.

Paracetamol merupakan obat yang bekerja secara langsung pada pusat pengaturan suhu di otak. Oleh karena itu, penggunaan obat ini dapat membantu menurunkan demam.

Beli Paracetamol 500 mg Strip 10 Tablet di Sini

4. Sanmol Sirup

Sanmol adalah salah satu obat campak yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan demam.

Obat ini mengandung bahan aktif paracetamol yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Dengan begitu, gejala demam akibat penyakit campak dapat menurun.

Sanmol Sirup dapat digunakan oleh dari bayi dan anak-anak sampai dengan usia 12 tahun.

Beli Sanmol Syrup 60 ml di Sini

5. Ibuprofen Sirup

Demam dan nyeri akibat penyakit campak dapat diatasi dengan mengonsumsi Ibuprofen Sirup.

Obat ini termasuk golongan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang bekerja dengan cara mengurangi zat pemicu peradangan. Pada akhirnya, gejala akibat peradangan tersebut dapat berkurang.

Beli Ibuprofen Sirup 60 ml di Sini

6. Panadol Sirup

Panadol sirup dapat menjadi salah satu pilihan obat campak di apotek yang bisa diberikan kepada anak-anak.

Obat ini memiliki kandungan paracetamol yang bermanfaat untuk meredakan nyeri dan menurunkan panas yang dialami oleh si Kecil.

Panadol Sirup dapat digunakan secara bebas tanpa memerlukan resep dokter. Namun, gunakan sesuai takaran dosis yang direkomendasikan, ya.

Beli Panadol Sirup Anak 30 ml di Sini

Beli Panadol Sirup Anak 60 ml di Sini

7. Tempra Drops

Tempra Drops merupakan obat yang dapat digunakan untuk menurunkan demam dan meringankan nyeri akibat penyakit campak.

Obat ini mengandung paracetamol yang bertindak sebagai antipiretik untuk menurunkan suhu tubuh dan analgesik untuk mengurangi rasa sakit.

Anda dapat memberikan Tempra Drops pada anak mulai dari usia tiga bulan. Jika hendak memberikan obat ini pada anak di bawah usia tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Beli Tempra Grape Drop 15 ml di Sini

8. Proris Triple Action

Obat campak di apotek selanjutnya adalah Proris Triple Action. Obat ini memiliki bahan aktif ibuprofen untuk menurunkan demam dan mengurangi nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit campak.

Proris Triple Action dapat dikonsumsi mulai dari anak usia satu tahun. Dosis penggunaan obat dapat berbeda-beda, sesuai dengan usia dan kondisi medis.

Oleh sebab itu, perhatikan dengan baik dosis penggunaan jika hendak mengonsumsi obat ini.

Beli Proris Triple Action Strip 10 Tablet di Sini

9. Dumin

Dumin Rectal dapat digunakan untuk mengatasi nyeri dan menurunkan demam sebagai gejala penyakit campak.

Kandungan paracetamol di dalam obat dapat bekerja dengan cara menurunkan suhu tubuh dan mengurangi nyeri. Pada akhirnya, gejala campak dapat berkurang.

Obat campak ini berbentuk suppositoria yang digunakan dengan cara dimasukkan pada rektal atau anus.

Beli Dumin 250 mg/4 ml Rectal Tube di Sini

Itu dia beberapa obat campak di apotek yang bisa didapatkan dengan atau tanpa resep dokter.

Selain mengatasi gejala dengan obat-obatan tersebut, penderita penyakit campak juga dianjurkan untuk minum air putih yang cukup untuk memberikan hidrasi dan mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Selain itu, penderita juga disarankan untuk terus berada di rumah guna menghindari penularan penyakit.