8 Obat Cantengan yang Manjur di Apotek

obat cantengan di apotek

Obat cantengan dapat digunakan untuk mengatasi nyeri, bengkak, dan infeksi yang terjadi saat kuku tumbuh ke dalam daging. Melalui perawatan yang tepat, cantengan bisa sembuh dan tidak perlu sampai dicabut. 

Daftar Obat Cantengan di Apotek yang Bagus

Cantengan merupakan kondisi saat kuku tumbuh ke bagian dalam daging atau jaringan lunak di bagian pinggir kuku. Kondisi ini umumnya akan menyebabkan nyeri, peradangan, dan infeksi. 

Cantengan lebih banyak dialami pada kuku jempol kaki hingga membuat penderitanya kesulitan berjalan. 

Jika mengalami cantengan, Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja. Pasalnya, cantengan yang tidak diobati dan dirawat dengan tepat, kondisinya bisa bertambah parah hingga mungkin perlu dilakukan tindakan cabut kuku. 

Ada berbagai obat cantengan yang bisa ditemukan di apotek. Anda bisa memilih sesuai dengan kondisi dan keluhan yang dialami. Beberapa di antaranya adalah:

1. Canesten

Cantengan bisa disertai dengan infeksi jamur. Kondisi ini umumnya ditandai dengan kuku yang menebal, rapuh, dan berwarna kekuningan. 

Jika mengalami kondisi ini, Anda bisa mengatasinya dengan Canesten. Obat ini mengandung bahan aktif clotrimazole yang efektif untuk menghentikan pertumbuhan jamur penyebab infeksi. 

Obat ini perlu dioleskan 2-3 kali sehari pada kuku yang terinfeksi. Agar obat bisa menyerap lebih maksimal ke dalam kuku, Anda bisa merendam kaki dalam air hangat terlebih dahulu dan kemudian mengikir permukaan kuku hingga menjadi lebih tipis.

Beli Canesten Cream 5 gr di Sini

Beli Canesten Cream 10 gr di Sini

2. Salep 88

Salep 88 dapat membantu mengurangi rasa nyeri sekaligus mencegah infeksi pada cantengan. 

Obat ini mengandung bahan aktif asam salisilat, asam benzoat, sulfur, camphor, dan menthol. Kandungan menthol dan camphor dapat membantu meringankan rasa nyeri. Sementara itu, kandungan sulfur memiliki efek antibakteri yang efektif untuk membunuh bakteri. 

Beli Salep 88 6 gr di Sini

3. Ketomed

Ketomed juga merupakan salah satu obat cantengan yang ampuh untuk mengatasi cantengan yang disertai dengan infeksi jamur. Kandungan ketoconazole dalam obat ini ampuh untuk membunuh jamur penyebab infeksi. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu menggunakan obat ini secara teratur sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan. 

Beli Ketomed Cream 15 gr di Sini

4. Sagestam

Sagestam dapat digunakan untuk mengobati cantengan yang disertai dengan infeksi bakteri. Cantengan yang terinfeksi bakteri umumnya akan tampak kemerahan, merah, dan bernanah.

Obat ini mengandung bahan aktif gentamicin yang ampuh untuk membunuh bakteri. Anda dapat langsung mengoleskannya pada area kulit yang bengkak dan bernanah. 

Sagestam termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Sagestam Cream 10 gr di Sini

5. Carmed

Carmed merupakan obat cantengan yang ada di apotek dengan kandungan urea. Obat ini lebih cocok digunakan untuk mengobati cantengan yang disebabkan oleh kuku yang menebal akibat infeksi jamur.

Kandungan urea dalam obat ini dapat mengurangi ketebalan kuku dan meningkatkan permeabilitas kuku. Dengan demikian, cantengan dapat disembuhkan. 

Obat Carmed termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Carmed 20% Cream 40 gr di Sini

6. Proris Triple Action

Proris Triple Action dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada area jari yang mengalami cantengan. Obat ini mengandung ibuprofen yang efektif untuk meredakan peradangan serta gejalanya, seperti kemerahan, nyeri, dan bengkak. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat bebas terbatas, sehingga Anda bisa membeli obat ini tanpa resep dokter. Namun, Anda tetap perlu mengikuti dosis dan aturan pakai yang sudah tertera pada kemasan. 

Beli Proris Triple Action Strip 10 Tablet di Sini

7. Sanmol Forte

Sanmol Forte dapat digunakan untuk meredakan nyeri yang timbul pada jari yang cantengan. Obat ini mengandung bahan aktif paracetamol yang dapat meredakan rasa nyeri dan menurunkan demam langsung dari otak. 

Anda dapat konsumsi obat ini tanpa resep dokter, namun disarankan untuk tetap mengikuti dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan. 

Beli Sanmol Forte Strip 4 Tablet di Sini

8. Emtrix

Emtrix efektif untuk cantengan yang disebabkan oleh penebalan kuku akibat infeksi jamur. Obat ini mengandung propylene glycol, urea, lactic acid, dan sodium hydroxide. 

Kombinasi kandungan tersebut dapat mengurangi penebalan pada kuku, sehingga cantengan juga dapat membaik.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu menggunakan obat ini secara teratur. 

Beli Emtrix Sol 10 ml di Sini

Nah, itulah beberapa obat untuk mengobati cantengan yang bagus dan dapat ditemukan di apotek. Ada obat yang dapat dibeli dengan bebas, tetapi ada juga obat yang perlu resep dokter.
Apabila kondisi cantengan tidak kunjung membaik, maka Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga: