13 Obat GERD Paling Ampuh yang Bisa Dibeli di Apotek

obat gerd yang ampuh di apotek

Ada berbagai Obat GERD yang tersedia di apotek. Masing-masing obat memiliki cara kerja yang berbeda, seperti menetralkan asam lambung atau menurunkan produksi asam lambung. Simak daftar obatnya pada artikel berikut ini.

Obat GERD yang Efektif Meredakan Gejala

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung adalah kondisi yang terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan. Akibatnya, Anda akan merasakan sensasi perih di dada dan perut, nyeri ulu hati, mual, dan rasa pahit di mulut. 

Ada berbagai obat yang dapat membantu mengatasi kondisi ini, mulai dari obat yang bisa dibeli dengan bebas di apotek, hingga yang membutuhkan resep dokter. 

Berikut adalah beberapa obat GERD yang dapat Anda temukan di apotek, yaitu:

1. Promag Double Action

Promag Double Action dapat membantu meredakan gejala yang berhubungan dengan kelebihan produksi asam lambung. 

Obat ini mengandung kombinasi magnesium hidroksida, kalsium karbonat, dan famotidine. Magnesium hidroksida dan kalsium karbonat termasuk dalam golongan obat antasida yang berperan dalam menetralkan asam lambung. Sementara itu, famotidine dapat mengurangi produksi asam lambung. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat bebas terbatas sehingga dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter. Namun, Anda tetap perlu mengikuti dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan. 

Beli Promag Double Action Strip 6 Tablet di Sini

2. Polysilane

Polysilane dapat menjadi pilihan untuk membantu meredakan gejala GERD. obat ini mengandung kombinasi simethicone dan antasida (aluminium hydroxide dan magnesium hydroxide). 

Simethicone berperan dalam meredakan rasa kembung dan tidak nyaman pada lambung akibat adanya penumpukan gas pada saluran pencernaan. Sementara itu, antasida dapat menetralkan asam lambung. 

Agar kerja obat lebih efektif, Polysilane dapat dikombinasikan dengan obat lain yang mampu menurunkan produksi asam lambung.

Beli Polysilane susp 180 ml di Sini

Beli Polysilane Susp 100 ml di Sini

Beli Polysilane Strip 8 Tablet di Sini

3. Farmacrol Forte

Farmacrol Forte juga bermanfaat untuk menetralkan asam lambung serta mengurangi rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan akibat produksi gas yang berlebihan. Obat ini mengandung aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simethicone.

Apabila keluhan GERD tidak kunjung membaik setelah konsumsi obat ini, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter. 

Beli Farmacrol Forte Susp 200 ml di Sini

4. Sanmag

Sama seperti beberapa obat yang sudah disebutkan di atas, Sanmag juga termasuk dalam obat yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. 

Obat ini mengandung bahan aktif magnesium trisilicate, aluminium hydroxide, dan simethicone. Kombinasi ini dapat meredakan gejala yang berhubungan dengan kelebihan produksi asam lambung, seperti mual, kembung, dan nyeri ulu hati. 

Beli Sanmag Syrup 120 ml di Sini

5. Disflatyl

Obat ini cocok dikonsumsi apabila Anda sudah diberikan obat lainnya dan masih tersisa rasa tidak nyaman, seperti kembung dan rasa penuh pada lambung.

Disflatyl ini mengandung simethicone, yang dapat menyatukan gelembung-gelembung gas kecil di saluran pencernaan. Hasilnya, gelembung gas menjadi lebih besar dan lebih muda untuk dikeluarkan. 

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet kunyah dengan rasa mint yang menyegarkan dan tidak membuat mual.

Beli Disflatyl 40 mg Strip 10 Tablet di Sini

6. Omeprazole

Omeprazole berguna untuk menurunkan produksi asam lambung. Obat ini mampu menghambat pompa proton yang memiliki peran besar dalam produksi asam lambung. 

Selain itu, obat Omeprazole dapat membantu penyembuhan jaringan lambung atau kerongkongan yang mengalami iritasi akibat produksi asam lambung berlebihan.

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diresepkan oleh dokter.

Beli Omeprazole 20 mg Capsule Novell di Sini

7. Cimetidine

Cimetidine juga merupakan obat yang dapat menurunkan produksi asam lambung. Obat ini termasuk dalam golongan obat antagonis H2 atau histamine 2 blocker. 

Lambung memiliki reseptor H2 atau reseptor histamin. Saat bagian ini menempel dengan histamin, maka lambung akan mengeluarkan asam lambung. 

Cimetidine akan berikatan dengan reseptor H2, sehingga histamin tidak akan berikatan dengan reseptor tersebut dan produksi asam lambung akan berkurang. 

Termasuk dalam golongan obat keras, obat ini hanya bisa diperoleh dengan disertai resep dokter. Anda juga perlu konsumsi obat ini sesuai dengan resep dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Cimetidine 200 mg Tablet KF di Sini

8. Acpulsif

Pada kondisi GERD, katup pada kerongkongan yang menuju ke lambung akan melemah sehingga tidak dapat menutup dengan baik. Kondisi ini akan membuat asam lambung menjadi mudah naik ke kerongkongan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat konsumsi obat Acpulsif. Obat ini mengandung bahan aktif cisapride yang bekerja dengan cara menguatkan katup di kerongkongan yang menuju ke lambung serta mempercepat gerakan saluran pencernaan. 

Acpulsif termasuk dalam golongan obat keras, sehingga hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Anda juga perlu konsumsi obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Acpulsif 5 mg Tablet di Sini

9. Pariet

Pariet merupakan obat yang termasuk dalam kategori penghambat pompa proton dengan kandungan bahan aktif rabeprazole. Obat ini bekerja dengan cara menekan produksi asam lambung. 

Agar pengobatan GERD menjadi lebih efektif, obat ini dapat dikombinasikan dengan obat lain, seperti antasida. 

Perlu diingat bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Pariet 10 mg Tablet di Sini

10. Famocid

Selain obat-obat yang sudah disebutkan di atas, dokter juga dapat meresepkan obat Famocid. Obat ini mengandung famotidine yang termasuk dalam kelompok obat antagonis H2. Obat Famocid dapat menekan produksi asam lambung dengan cara mencegah histamin untuk menempel pada reseptor histamin. 

Termasuk dalam golongan obat keras, obat ini hanya dapat diperoleh dengan menyertakan resep dokter.

Beli Famocid 20 mg Tablet di Sini

11. Pantoprazole

Pantoprazole juga mampu meredakan gejala GERD, seperti rasa panas pada dada, mual, dan sulit untuk menelan. Obat ini termasuk dalam obat penghambat proton yang bekerja dengan mengurangi produksi asam lambung.

Tidak hanya itu, Pantoprazole juga dapat mendukung proses penyembuhan lambung dan kerongkongan yang rusak karena asam lambung. 

Obat Pantoprazole termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Pantoprazole 40 mg Tablet Dexa di Sini

12. Inhipump

Inhipump mengandung bahan aktif omeprazole yang diketahui efektif untuk meredakan gejala GERD. Obat ini mampu menurunkan produksi asam lambung serta membantu proses penyembuhan jaringan lambung dan kerongkongan yang rusak akibat asam lambung. 

Pada beberapa kasus, dokter juga mungkin akan memberikan obat lain, seperti obat sukralfat. 

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter.

Beli Inhipump 20 mg Capsule di Sini

13. Acran

Acran diketahui efektif untuk meredakan gejala GERD serta penyakit lainnya yang disebabkan oleh kenaikan asam lambung. 

Obat ini mengandung ranitidine yang bekerja dengan cara menghambat kerja reseptor histamin pada lambung. Dengan demikian, jumlah asam lambung yang dikeluarkan dapat berkurang. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus mengikuti dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Acran 300 mg Tablet di Sini

Nah, itulah beberapa obat GERD yang dapat ditemukan di apotek. Beberapa obat dapat dibeli secara bebas, tetapi ada juga yang perlu resep dokter. 

Agar tidak salah pilih obat, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli obat. 

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga: