13 Obat Gusi Bengkak yang Ampuh di Apotek

obat gusi bengkak di apotek

Sebenarnya gusi bengkak memiliki banyak penyebab, seperti sikat gigi terlalu keras atau ada infeksi gusi. Oleh sebab itu, obatnya bisa berbeda-beda. Obat gusi bengkak pada umumnya dapat mengurangi rasa nyeri dan membunuh bakteri penyebab infeksi dalam mulut. 

Daftar Obat Gusi Bengkak yang Bisa Dibeli di Apotek

Gusi adalah bagian dalam mulut yang lembut dan sensitif sehingga tidak jarang mudah untuk mengalami bengkak dan iritasi. Saat mengalami gusi bengkak, umumnya Anda juga akan merasakan nyeri dan tidak nyaman. Kondisi ini bahkan bisa mengganggu makan dan aktivitas sehari-hari. 

Ada beberapa obat gusi bengkak yang tersedia di apotek. Obat-obat ini memiliki banyak fungsi, ada yang dapat mengurangi rasa nyeri atau ada juga yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab infeksi gusi. 

Beberapa obat gusi bengkak yang tersedia di apotek, antara lain:

1. Paracetamol

Paracetamol cocok dikonsumsi untuk Anda yang mengalami gusi bengkak yang disertai dengan rasa nyeri ringan hingga sedang. Obat ini mampu meredakan rasa nyeri dengan cara menghambat pembentukan senyawa alami tubuh yang menyebabkan nyeri dan demam. 

Namun, obat Paracetamol tidak memiliki efek antiinflamasi. Oleh sebab itu, Anda mungkin perlu mengkombinasikan obat ini dengan obat lain yang berguna untuk mengurangi bengkak. 

Beli Paracetamol 500 mg Strip 10 Tablet KF di Sini

2. Ponstan

Obat lain yang dapat digunakan untuk meredakan gusi bengkak adalah Ponstan. Obat ini mengandung asam mefenamat yang termasuk dalam kelompok obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). 

Ponstan dapat membantu meredakan rasa nyeri sekaligus meredakan bengkak dan peradangan pada kasus gusi bengkak.

Tergolong dalam kelompok obat keras, pembelian obat ini harus disertai dengan resep dokter.

Beli Ponstan 500 mg Tablet di Sini

3. Mefinal

Obat lain yang dapat meredakan peradangan pada gusi bengkak adalah Mefinal. Obat ini mengandung senyawa aktif asam mefenamat yang dapat menghambat produksi senyawa alami tubuh yang menyebabkan peradangan. Hasilnya, nyeri, kemerahan, dan bengkak pada kasus gusi bengkak dapat diredakan. 

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Mefinal 500 mg Tablet di Sini

4. Cataflam

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh adanya radang gusi akibat penumpukan plak gigi. Untuk meredakan peradangan tersebut, Anda dapat konsumsi obat Cataflam. 

Obat ini mengandung diclofenac potassium yang mampu mencegah produksi senyawa alami tubuh yang menyebabkan peradangan (prostaglandin). Hasilnya, bengkak pada gusi pun dapat berkurang. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Cataflam 50 mg Tablet di Sini

Beli Cataflam 25 mg Tablet di Sini

5. Cataflam Drop

Cataflam dalam bentuk oral drop cocok untuk mengatasi masalah gusi bengkak pada anak-anak. Obat ini memiliki kandungan diclofenac resinate yang dapat mencegah produksi prostaglandin, yaitu senyawa yang memicu peradangan. 

Cataflam Drop termasuk dalam golongan obat keras sehingga hanya dapat diperoleh dengan menyertakan resep dokter. Konsumsi obat ini sesuai dengan resep dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter.

Beli Cataflam Drop 15 ml di Sini

6. Cataflam Fast

Apabila ingin obat yang mampu meredakan nyeri dan bengkak dengan lebih cepat, maka Cataflam Fast merupakan salah satu obat yang tepat. 

Obat ini tersedia dalam bentuk serbuk dan dikonsumsi dengan cara dilarutkan dengan air. Bentuk obat ini dapat memberikan efek yang lebih cepat pada tubuh.

Cataflam Fast mengandung diclofenac potassium yang efektif untuk meredakan rasa nyeri dan bengkak pada kasus gusi bengkak. 

Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan Cataflam Fast. Pasalnya, obat ini termasuk dalam golongan obat keras.

Beli Cataflam Fast 50 mg Sachet di Sini

7. Kalium Diklofenak

Obat Kalium Diklofenak juga dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Obat ini termasuk dalam kelompok obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang mampu meredakan bengkak dan nyeri. 

Tidak hanya mampu mengatasi masalah gusi bengkak, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri dan peradangan pada kasus radang sendi dan keseleo. 

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Kalium Diklofenak 50 mg Tablet Hexp di Sini

8. Ibuprofen

Ibuprofen juga dapat digunakan untuk meredakan gusi bengkak yang disebabkan oleh infeksi radang pada gusi. Obat ini termasuk dalam kelompok OAINS yang tidak hanya mampu mengurangi rasa nyeri tetapi juga dapat meredakan bengkak dan peradangan.

Namun, sama dengan obat antiinflamasi nonsteroid lainnya, Ibuprofen tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang. Apabila keluhan tidak kunjung membaik, segera lakukan konsultasi dengan dokter.

Perlu diperhatikan, obat Ibuprofen tersedia dalam dua varian, yaitu Ibuprofen 200 mg dan Ibuprofen 400 mg. Ibuprofen 200 mg termasuk dalam kategori obat bebas terbatas sehingga dapat dibeli secara bebas. Namun, Ibuprofen 400 mg termasuk dalam kategori obat keras sehingga pembeliannya perlu menyertakan resep dokter. 

Beli Ibuprofen 400 mg Tablet Yarindo di Sini

Beli Ibuprofen 200 mg Strip 10 Tablet Nova di Sini

9. Amoxicillin

Salah satu penyebab gusi bengkak adalah adanya infeksi pada gusi yang disebabkan oleh bakteri. Apabila mengalami infeksi pada gusi, maka Anda perlu konsumsi antibiotik.

Amoxicillin merupakan antibiotik yang ampuh untuk menyelesaikan masalah infeksi pada gusi. Obat ini akan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga tubuh lebih mudah untuk melawannya. 

Namun, Anda tidak boleh konsumsi obat antibiotik sembarangan. Anda perlu konsumsi sesuai dengan dosis dan durasi yang sudah ditetapkan oleh dokter. Pasalnya, konsumsi obat antibiotik sembarangan dapat menyebabkan resistensi antibiotik.

Beli Amoxicillin 500 mg Tablet Hexp di Sini

10. Minosep 0.1%

Apabila keluhan gusi bengkak masih tergolong ringan, maka Anda dapat mencoba obat kumur Minosep. 

Obat ini mengandung bahan aktif chlorhexidine gluconate, yaitu antiseptik yang dapat membunuh mikrooganisme dalam mulut. Dengan demikian, gusi bengkak dapat diredakan. 

Beli Minosep 0.1% Gargle 150 ml Hijau di Sini

11. Cooling 5 Orange

Cooling 5 Orange juga dapat digunakan untuk meredakan gusi bengkak. Obat ini tersedia dalam bentuk obat semprot sehingga dapat bekerja langsung pada area gusi yang bengkak. 

Cooling 5 Orange mengandung senyawa aktif phenol dan benzocaine. Phenol termasuk dalam senyawa antiseptik yang mampu membunuh kuman. Sementara itu, benzocaine dapat membantu meredakan rasa sakit pada gusi yang bengkak. 

Beli Cooling 5 Orange Mouth Spray 15 ml di Sini

12. Betadine Sore Throat

Betadine Sore Throat juga merupakan obat dalam bentuk semprot yang cocok untuk mengatasi gusi bengkak. Obat ini mengandung senyawa aktif povidone iodine yang merupakan antiseptik untuk membunuh kuman penyebab gusi bengkak. 

Meskipun tergolong aman, para penderita gangguan tiroid disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini. 

Beli Betadine Sore Throat Spray 50 ml di Sini

13. Sanorine Hijau

Sanorine merupakan obat kumur yang dapat membantu mencegah gusi bengkak. Obat ini mengandung hyaluronic acid yang dapat membantu mempercepat regenerasi jaringan dan mencegah mulut kering.  

Beli Sanorine Hijau 200 ml di Sini

Nah, itu dia daftar obat gusi bengkak yang ada di apotek. Ada obat yang dapat dibeli bebas tetapi ada juga obat yang perlu resep dokter. Apabila kondisi gusi bengkak tidak kunjung membaik atau bahkan semakin memburuk, jangan ragu untuk melakukan konsultasi ke dokter. 

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga: