6 Obat Kutil Ampuh yang Tersedia di Apotek

obat kutil ampuh di apotek

Kutil adalah masalah umum pada kulit. Obat kutil pada umumnya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sehingga kutil dapat cepat hilang. Simak obat kutil yang dapat dibeli di apotek berikut ini.

Daftar Obat Kutil yang Manjur di Apotek

Kutil adalah penyakit yang ditandai dengan adanya benjolan pada kulit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Virus tersebut akan menginfeksi dan membentuk benjolan kecil pada kulit.

Sebenarnya, kutil dapat hilang sendirinya tanpa memberikan masalah serius. Namun, ada beberapa jenis kutil yang bisa menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman, atau menular. Oleh sebab itu, kutil perlu ditangani dengan tepat. 

Ada obat kutil yang dapat dibeli dengan bebas di apotek, tetapi ada juga obat kutil yang perlu resep dokter. Beberapa diantaranya adalah:

1. Salep 2 – 4 Afiat

Salep 2 – 4 Afiat dapat membantu menghilangkan kutil. Salep ini mengandung asam salisilat yang diketahui efektif untuk mengikis lapisan kulit yang terinfeksi kutil. 

Perlu diingat bahwa proses menghilangkan kutil ini tidak singkat. Anda perlu rutin mengoleskan obat ini selama 3-4 bulan sebelum bisa melihat hasilnya.

Beli Salep 2 – 4 15 gr Afiat di Sini

2. Callusol

Callusol juga merupakan obat oles yang efektif untuk menghilangkan kutil. Kombinasi asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol dalam obat ini mampu membuat kulit menjadi lebih lunak dan membuat proses pengikisan area kulit yang memiliki kutil menjadi lebih cepat. 

Anda juga perlu rutin mengoleskan obat ini agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. 

Tidak hanya efektif untuk mengobati kutil, obat ini juga dapat mengobati mata ikan dan kapalan. 

Beli Callusol 10 ml di Sini

3. Isprinol

Pada beberapa kasus, kutil dapat muncul pada area genital, seperti pada paha, anus, penis, atau vagina. Jika kutil muncul pada area ini, maka kutil perlu ditangani agar virus tidak menyebar. 

Pada kasus tersebut, dokter bisa saja memberikan obat antivirus untuk dikonsumsi, seperti Isprinol. 

Obat Isprinol mengandung bahan aktif methisoprinol. Obat ini akan menghambat pertumbuhan serta penyebaran virus dalam tubuh, sehingga sistem imun tubuh menjadi lebih mudah untuk melawan virus tersebut. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Isprinol 500 mg Tablet di Sini

4. Kutilos

Kutilos merupakan obat dalam bentuk oles yang dapat menghilangkan kutil. Obat ini akan meningkatkan kelembapan kulit serta mempermudah pengelupasan lapisan kulit berkat kandungan asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol. Dengan demikian, kutil dapat disembuhkan. 

Obat ini tidak bisa menghilangkan kutil secara langsung. Anda perlu rutin mengoleskannya pada area kutil selama beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Beli Kutilos Banded 10 ml Novell di Sini

5. Daivonex

Daivonex merupakan obat dalam bentuk salep dengan kandungan calcipotriol yang diketahui aman dan efektif untuk mengobati kutil yang menular. 

Calcipotriol merupakan salah satu bentuk vitamin D. Obat ini mampu memperlambat produksi sel kulit yang berlebihan. Hasilnya, kutil dapat hilang dengan sendirinya. 

Obat Daivonex termasuk dalam golongan obat keras. Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditentukan oleh dokter.

Beli Daivonex Ointment 30 gr di Sini

6. Pronovir

Obat lain yang dapat digunakan untuk mengobati kutil adalah Pronovir. 

Obat ini mengandung methisoprinol yang termasuk dalam obat antivirus. Pronovir mampu menghambat pertumbuhan virus sehingga sistem imun tubuh lebih mudah untuk melawan virus penyebab kutil. 

Termasuk dalam golongan obat keras, pembelian obat ini harus disertai dengan resep dokter. Selain itu, penggunaan obat ini juga harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Pronovir 500 mg Tablet di Sini

Nah, itulah beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi kutil. Anda dapat mencoba mengobati kutil dengan obat yang dijual bebas terlebih dahulu.

Apabila kondisi kutil tidak kunjung membaik atau semakin bertambah parah, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter. 

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga: