Obat Kutu Rambut di Apotek dan Tips Menghilangkannya

obat kutu rambut di apotek

Menemukan kutu atau telur kutu di rambut? Jangan panik dulu. Pada tahap awal, kutu rambut tidak bahaya dan hanya menimbulkan rasa gatal. Namun, kutu rambut tetap perlu ditangani agar tidak memburuk. Ketahui cara yang ampuh untuk menghilangkan kutu rambut berikut ini. 

Tips Menghilangkan Kutu Rambut Membandel

Kutu rambut adalah serangga kecil yang hidup di antara rambut-rambut manusia. Serangga ini akan menghisap darah dari kulit kepala dan juga bertelur. 

Hal pertama yang mungkin Anda rasakan saat terkena infeksi kutu rambut adalah gatal di kulit kepala. Gejala ini terjadi karena reaksi alergi tubuh terhadap air liur kutu atau akibat gigitan kutu rambut. Agar gatal bisa hilang, maka Anda perlu menghilangkan kutu rambut tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut, antara lain. 

1. Mengoleskan Campuran Cuka dan Garam

Jika Anda ingin menghilangkan kutu rambut dengan cara alami, Anda dapat mencoba mengoleskan campuran cuka dan garam pada seluruh kulit kepala dan rambut.

Garam diketahui dapat membuat tubuh kutu rambut mengalami dehidrasi hingga kutu tersebut tidak dapat bertahan hidup. Sementara itu, cuka dapat membantu menurunkan efek perekat pada telur kutu sehingga menjadi mudah lepas. 

Namun, Ada juga perlu memerhatikan jenis garam yang dipakai. Anda disarankan untuk menggunakan garam epsom karena bekerja lebih efektif dalam membasmi kutu rambut jika dibandingkan dengan garam meja atau garam laut. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Alami

2. Mengoleskan Minyak Nabati atau Minyak Jelantah

Mengoleskan minyak pada rambut dan kulit kepala dapat menjadi cara yang mudah dan murah untuk mengatasi kutu rambut. 

Anda dapat mencoba untuk mengoleskan minyak apapun yang ada di rumah, seperti minyak sayur, minyak zaitun, minyak kelapa, bahkan minyak jelantah. Minyak tersebut dapat membuat proses pengeluaran kutu dan telurnya menjadi lebih mudah. 

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak yang diketahui efektif untuk mengatasi kutu rambut. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa mampu membantu membunuh kutu rambut. 

Langkah untuk menghilangkan kutu rambut dengan minyak sangat mudah, yaitu:

3. Menggunakan Tea Tree Oil

Menggunakan tea tree oil menjadi cara alami dan mudah untuk menghilangkan kutu rambut. Tea tree oil diketahui mampu membunuh kutu rambut beserta telurnya. 

Penggunaan tea tree oil ini juga cukup mudah. Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

Baca juga: Rekomendasi Produk Perawatan Rambut yang Mampu Atasi Rambut Rusak

4. Menggunakan Kondisioner

Sisir serit merupakan alat yang sudah sejak lama digunakan untuk menghilangkan kutu. Untuk memudahkan menyisir rambut, maka Anda dapat menggunakan bantuan kondisioner. 

Kondisioner bersifat licin sehingga membuat pengeluaran kutu dan telurnya menjadi lebih mudah. 

Cara untuk menghilangkan kutu rambut menggunakan kondisioner adalah sebagai berikut:

5. Memakai Obat-obatan

Apabila Anda ingin cara yang lebih cepat dan praktis untuk membasmi kutu rambut, maka Anda bisa menggunakan obat. 

Pada umumnya, obat antikutu mengandung bahan aktif permethrin yang mampu membunuh kutu rambut. Namun, ada obat yang tidak bisa membunuh telur kutu, sehingga Anda tetap perlu menggunakan sisir serit untuk menghilangkannya. 

Selain itu, obat antikutu bisa menyebabkan efek samping, berupa gatal dan kemerahan di kulit kepala. 

Baca juga: Obat Mata Ikan di Apotek yang Efektif dan Ampuh

Rekomendasi Obat Kutu Rambut yang Ampuh di Apotek

Jika cara-cara alami tidak bisa cukup efektif untuk menghilangkan kutu di rambut, maka Anda perlu menggunakan obat antikutu. 

Obat kutu umumnya bisa Anda temukan di apotek, beberapa diantaranya adalah:

1. Peditox

 

Peditox merupakan obat yang sudah terkenal mampu mengatasi masalah kutu rambut. Obat ini tersedia dalam bentuk cair sehingga mudah untuk digunakan. 

Obat kutu rambut Peditox mengandung bahan aktif permethrin. Kandungan ini akan menyerang sistem saraf kutu untuk membuatnya lumpuh. Hasilnya, kutu tidak akan bisa bertahan hidup dan mati. 

Selain itu, Peditox juga dapat membunuh telur kutu sehingga tidak perlu repot lagi dalam menghilangkan telur kutu satu per satu. 

Peditox termasuk dalam obat bebas terbatas sehingga dapat dibeli dengan bebas tanpa resep dokter. Namun, Anda perlu mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. 

Beli Peditox 50 ml di Sini

2. Scabimite Cream

Apabila masalah kutu rambut termasuk berat, maka dokter bisa meresepkan obat Scabimite Cream. Obat ini mengandung bahan aktif permethrin dalam kadar yang lebih tinggi, yaitu 5%. 

Obat ini sebenarnya lebih banyak digunakan pada kudis atau infeksi kutu pada kulit tubuh. Namun, obat ini juga bisa saja dioleskan pada kulit kepala.

Termasuk dalam golongan obat keras, pembelian obat ini harus disertai resep dokter. Selain itu, Anda juga harus menggunakan obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang diberikan dokter. 

Beli Scabimite Cream 10 gr di Sini

Beli Scabimite Cream 30 gr di Sini

Kutu rambut umumnya tidak berbahaya. Namun, bukan berarti bisa didiamkan saja. Pasalnya, jika tidak langsung ditangani, masalah kutu rambut bisa berkembang menjadi lebih parah.

Apabila sudah mencoba cara alami namun tidak kunjung membuahkan hasil, Anda perlu melakukan konsultasi ke dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga: