7 Obat Mata Ikan di Apotek yang Efektif dan Ampuh

obat mata ikan di apotek

Obat mata ikan mampu menghilangkan benjolan keras dan tebal pada kulit. Mata ikan yang tidak diobati bisa berkembang menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri, hingga timbul infeksi. Apa saja obat mata ikan di apotek yang manjur? Simak ulasannya berikut ini. 

Daftar Obat Mata Ikan di Apotek yang Ampuh

Mata ikan merupakan kondisi kulit yang menebal akibat tekanan dan gesekan berulang kali. Pada umumnya, mata ikan lebih sering ditemukan pada tangan, kaki, dan jari. 

Mata ikan umumnya berbentuk bulat, ukurannya kecil, bagian tengahnya keras, dan dikelilingi bagian kulit yang bengkak. Mata ikan akan terasa nyeri saat ditekan. 

Ada beberapa obat di apotek yang efektif untuk menghilangkan mata ikan, antara lain:

1. Callusol

Callusol merupakan obat yang efektif untuk menghilangkan mata ikan. Obat ini mengandung asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol. 

Kombinasi bahan aktif dalam obat ini dapat mempercepat pengelupasan dan pergantian sel kulit. 

Namun, obat ini tidak bisa memberikan hasil dalam waktu singkat. Anda perlu mengoleskannya secara rutin selama beberapa bulan sebelum bisa melihat hasilnya.

Beli Callusol 10 ml di Sini

2. Salep 88 

Salep 88 juga diketahui mampu mengatasi mata ikan. Kombinasi kandungan asam salisilat, asam benzoat, dan endapan belerang dapat membuat kulit lebih lunak sehingga proses pengelupasan kulit menjadi lebih mudah. 

Penggunaan Salep 88 cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskannya pada mata ikan sebanyak 3 kali sehari. 

Beli Salep 88 6 gr di Sini

3. Salep 2 – 4 Afiat

Salah satu obat mata ikan yang ada di apotek adalah Salep 2-4 Afiat. Obat ini juga mengandung asam salisilat dan endapan belerang yang efektif untuk mempercepat pengelupasan kulit pada mata ikan. 

Salep 2-4 Afiat dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter. Anda perlu menggunakan obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah tertera pada kemasan. 

Beli Salep 2 – 4 15 gr Afiat di Sini

4. Dermovate

Mata ikan juga dapat disertai dengan rasa nyeri dan peradangan. Kondisi ini dapat diatasi dengan Dermovate. 

Obat dalam bentuk salep ini mengandung bahan aktif clobetasol propionate yang mampu mengaktifkan zat alami dalam tubuh untuk mengurangi peradangan. 

Perlu diingat bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga obat ini hanya boleh digunakan jika diresepkan oleh dokter. 

Beli Dermovate Ointment 10 gr di Sini

5. Triamcort A

Triamcort A dapat meredakan bengkak dan peradangan pada kulit di sekitar mata ikan. Pasalnya, obat ini mengandung senyawa aktif triamcinolone yang termasuk dalam kortikosteroid kuat.

Obat dalam bentuk krim ini termasuk dalam kelompok obat keras, sehingga hanya boleh digunakan untuk mengatasi peradangan akibat mata ikan jika memang diresepkan oleh dokter. 

Beli Triamcort A Cream 10 gr di Sini

6. Daivonex

Daivonex mengandung bahan aktif calcipotriol yang bekerja dengan cara memperlambat produksi sel kulit yang berlebihan. Hasilnya, kulit yang menebal pada mata ikan pun dapat berkurang. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga tidak boleh digunakan sembarangan. Anda perlu mengikuti dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Daivonex Ointment 30 gr di Sini

7. Kutilos

Kutilos merupakan salah satu obat mata ikan yang mudah ditemukan di apotek. Obat ini mengandung asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol.

Kombinasi kandungan di dalam obat ini akan meningkatkan kelembapan kulit sehingga pengelupasan kulit yang memiliki mata ikan menjadi lebih mudah. 

Beli Kutilos Banded 10 ml Novell di Sini

Nah, itulah beberapa obat mata ikan di apotek. Ada obat yang dapat dibeli secara bebas, tetapi ada juga yang perlu resep dokter.

Jika kondisi mata ikan yang Anda alami tidak kunjung membaik atau justru semakin bertambah parah, jangan ragu untuk melakukan konsultasi ke dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga: