12 Obat Panu Paling Ampuh yang Tersedia di Apotek

obat panu ampuh di apotek

Obat panu umumnya digunakan untuk membunuh jamur penyebab penyakit kulit tersebut. Meskipun tidak berbahaya, namun panu dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri pada penderitanya sehingga perlu ditangani dengan cepat. 

Daftar Obat Panu yang Bagus di Apotek

Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia. Penyakit ini ditandai dengan adanya bercak yang berwarna lebih terang atau lebih gelap pada permukaan kulit serta terasa gatal.  

Meskipun tergolong tidak berbahaya, namun panu yang tidak diobati dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang lebih luas dan tentu dapat mengganggu penampilan. 

Ada berbagai obat panu yang dapat ditemukan di Apotek, mulai dari obat yang bisa dibeli secara bebas hingga obat yang perlu resep dokter. 

Berikut adalah beberapa obat panu yang dapat ditemukan di apotek, antara lain:

1. Canesten

Salah satu obat panu yang mudah ditemukan di apotek adalah Canesten. Obat ini tidak hanya efektif untuk mengobati panu, tetapi juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kulit akibat jamur lainnya, seperti kutu air dan kurap. 

Obat ini mengandung klotrimazole, yang mampu menghambat pertumbuhan jamur pada kulit. Hasilnya, jamur sulit untuk tumbuh dan sistem imun tubuh mudah untuk melawan infeksi jamur tersebut. 

Beli Canesten Cream 5 gr di Sini

Beli Canesten Cream 10 gr di Sini

2. Ketoconazole

Sama dengan kondisi penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh infeksi jamur, panu juga perlu diatasi menggunakan obat antijamur. Salah satu obat yang bisa digunakan adalah Ketoconazole. 

Obat ini efektif untuk menghalangi jamur untuk bertahan hidup dan bertambah banyak, sehingga akhirnya kondisi panu bisa lebih mudah untuk diatasi oleh sistem imun tubuh. 

Obat Ketoconazole tersedia dalam bentuk krim dan tablet. Obat dalam bentuk krim dapat dibeli tanpa perlu resep dokter. Sementara itu, Ketoconazole dalam bentuk tablet termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. 

Perlu diperhatikan, Ketoconazole tablet umumnya diberikan pada kondisi infeksi jamur yang lebih parah dan tidak cukup diobati dengan obat dalam bentuk krim. 

Beli Ketoconazole 2% Cream 10 gr Dexa di Sini

Beli Ketoconazole 200 mg Tablet Dexa di Sini

Beli Ketoconazole 200 mg Tablet Hexp di Sini

3. Formyco

Formyco juga merupakan salah satu obat yang dapat membasmi jamur penyebab panu. Obat ini mengandung senyawa aktif ketoconazole, yaitu jenis obat antijamur golongan azole. 

Obat ini mampu membunuh serta mencegah pertumbuhan jamur penyebab panu dan infeksi jamur lainnya pada tubuh. Hasilnya, gejala panu dapat mereda bahkan hilang sepenuhnya. 

Obat Formyco tersedia dalam dua bentuk, yaitu krim dan tablet. Formyco krim termasuk dalam golongan obat bebas terbatas sehingga dapat dibeli tanpa resep dokter di apotek. 

Namun, Formyco tablet lebih banyak digunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada tingkat yang lebih berat. Selain itu, Formyco tablet termasuk dalam golongan obat keras, sehingga hanya bisa dibeli dengan menyertakan resep dokter. 

Beli Formyco Cream 10 gr di Sini

Beli Formyco Formyco 200 mg Tablet di Sini

4. Zoralin

Zoralin adalah obat dengan kandungan antijamur ketoconazole. Obat ini diketahui terbukti ampuh untuk mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur, termasuk panu, kurap, dan kutu air. 

Obat ini tersedia dalam bentuk krim dan tablet. Obat dalam bentuk krim dapat dibeli dengan bebas di apotek. Namun, Zoralin dalam bentuk tablet termasuk dalam golongan obat keras sehingga perlu resep dokter untuk membelinya. 

Beli Zoralin Cream 10 gr di Sini

Beli Zoralin 200 mg Tablet di Sini

5. Fungares

Fungares mengandung bahan aktif miconazole nitrate yang bekerja dengan menghambat jamur untuk bertumbuh dan bertambah banyak. Oleh karena itu, obat Fungares efektif untuk mengobati panu hingga ke akarnya. 

Beli Fungares Cream 5 gr di Sini

Beli Fungares Cream 10 gr di Sini

6. Itraconazole

Saat kondisi panu semakin parah dan tidak menunjukkan perbaikan setelah penggunaan obat dalam bentuk krim atau gel, dokter mungkin akan memberikan Anda obat untuk dikonsumsi. 

Ada beberapa obat yang umum diberikan untuk mengatasi kondisi panu yang parah, salah satunya adalah obat Itraconazole. Obat ini mampu menghambat pertumbuhan sel jamur penyebab infeksi. 

Termasuk dalam golongan obat keras, obat Itraconazole hanya boleh digunakan sesuai dengan resep dokter. 

Beli Itraconazole 100 mg Capsule Berno di Sini

7. Daktarin

Daktarin juga merupakan obat krim antijamur yang efektif untuk mengatasi panu serta mudah ditemukan di apotek. Obat ini mampu mengatasi berbagai infeksi jamur kulit, termasuk panu, kutu air, kurap, dan kandidiasis kulit. 

Obat Daktarin krim mengandung miconazole yang dapat merusak struktur membran jamur sehingga jamur sulit untuk bertahan hidup dan bertambah banyak. Hasilnya, pertumbuhan jamur penyebab panu pada kulit dapat dihentikan. 

Beli Daktarin Cream 5 gr di Sini

Beli Daktarin Cream 10 gr di Sini

8. Salep 88

Salep 88 merupakan obat dalam bentuk salep yang dapat mengobati panu serta infeksi jamur kulit lainnya, seperti kurap dan kudis. Obat ini memiliki sifat antijamur sehingga efektif untuk membasmi jamur penyebab panu. 

Obat ini mengandung senyawa aktif asam salisilat, asam benzoat, dan endapan belerang (sulfur praecipitatum). Kombinasi ini tidak hanya mampu membunuh jamur tetapi juga dapat membantu menghilangkan sisik pada kulit. 

Pemakaiannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan obat ini pada bagian kulit yang terkena panu sebanyak 3 kali sehari. 

Beli Salep 88 di sini

9. Ketomed

Ketomed adalah salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi panu pada kulit. Obat ini mengandung ketoconazole yang mampu menghambat jamur untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Hasilnya, infeksi jamur kulit dan gejala yang menyertainya dapat diredakan. 

Obat ini tersedia dalam bentuk krim dan gel. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan, ya. 

Beli Ketomed Cream 15 gr di Sini

Beli Ketomed Gel 15 gr di Sini

10. Kalpanax

Tidak hanya bermanfaat untuk membunuh jamur penyebab panu, tetapi Kalpanax juga dapat membantu meredakan rasa gatal yang timbul akibat panu. 

Obat dalam bentuk salep ini mengandung menthol, camphor, sulfur, dan asam salisilat. Kandungan sulfur efektif untuk mengatasi panu. Sementara itu, kandungan menthol dan camphor dapat meredakan rasa gatal. 

Beli Kalpanax Salep 6 gr di Sini

11. Fungiderm

Fungiderm mengandung senyawa aktif klotrimazole yang efektif untuk menyembuhkan panu dengan cara menghambat pertumbuhan jamur pada kulit. 

Tidak hanya dapat mengatasi panu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit akibat infeksi kulit lain, seperti kurap dan kutu air. 

Beli Fungiderm Cream 5 gr di Sini

Beli Fungiderm Cream 10 gr di Sini

12. Nizoral

Obat Nizoral ampuh untuk mengatasi berbagai infeksi jamur pada kulit, termasuk kondisi panu, kandidiasis kulit, kurap, dan kutu air. 

Kandungan ketoconazole dalam obat ini efektif untuk menghambat pertumbuhan jamur serta mencegahnya untuk bertambah banyak. Hasilnya, kondisi infeksi jamur pada kulit dapat diredakan. 

Beli Nizoral 2% Cream 5 gr di Sini

Beli Nizoral 2% Cream 15 gr di Sini

Demikian beberapa obat panu yang ampuh serta mudah ditemukan di apotek. Apabila Anda bingung untuk memilih obat yang tepat, disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga: