Obat Penghilang Flek Hitam yang Bagus di Apotek

penghilang flek hitam di apotek

Flek hitam atau noda hitam di wajah dapat menurunkan kepercayaan diri. Banyak yang memilih produk skincare untuk menghilangkannya. Namun, sebenarnya ada juga obat di apotek yang ampuh menghilangkan flek hitam. 

Daftar Obat Penghilang Flek Hitam yang Bisa Dibeli di Apotek

Flek hitam atau hiperpigmentasi merupakan bercak yang berwarna lebih gelap daripada kulit wajah. Hiperpigmentasi ini muncul akibat sel-sel kulit wajah yang memproduksi melanin lebih banyak daripada yang seharusnya.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan flek hitam, di antaranya adalah jerawat, penuaan kulit, perubahan hormon, dan paparan sinar matahari.

Flek hitam umumnya tidak berbahaya dan tidak perlu perawatan khusus. Namun, beberapa orang ingin menghilangkannya karena alasan kecantikan. 

Ada obat yang dapat menghilangkan flek hitam di apotek, beberapa di antaranya adalah:

1. Vitacid

Vitacid merupakan obat dalam bentuk krim yang mengandung bahan aktif tretinoin. Sebenarnya, obat ini lebih populer digunakan untuk mengatasi jerawat. Namun, sebenarnya Vitacid juga efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi. 

Tretinoin termasuk dalam obat golongan retinoid. Kandungan ini akan mempercepat proses pergantian kulit mati dengan sel kulit yang baru. Hasilnya, sel kulit mati yang mengandung pigmen berlebih akan cepat mengelupas dan tampilan flek hitam juga akan memudar. 

Vitacid tidak boleh digunakan sembarangan. Pasalnya, obat ini termasuk dalam golongan obat keras. Sebelum menggunakan obat ini, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan dosis yang tepat. 

Beli Vitacid 0.025% Cream 15 gr di Sini

Beli Vitacid 0.05% Cream 20 gr di Sini

Beli Vitacid 0.1% Cream 20 gr di Sini

2. Reviderm

Reviderm adalah salah satu obat penghilang flek hitam yang dapat ditemukan di apotek. Obat ini mengandung retinoic acid yang efektif untuk mengatasi noda hitam pada wajah akibat jerawat dan melasma. 

Kandungan retinoid acid dalam obat ini bekerja dengan cara menghambat kerja enzim tyrosinase untuk memproduksi pigmen melanin dan mempercepat pengelupasan sel kulit. 

Obat ini termasuk dalam kelompok obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Reviderm 0.01% Cream 15 gr di Sini

Beli Reviderm 0.02% Cream 15 gr di Sini

3. Vitaquin

Salah satu bahan aktif lain yang ampuh mengatasi flek hitam pada wajah adalah hydroquinone. Anda dapat menemukan kandungan ini dalam produk Vitaquin.

Hydroquinone merupakan bahan aktif yang dapat menghambat produksi melanin, sehingga warna kulit akan menjadi lebih cerah dan merata. 

Vitaquin termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Vitaquin 5% Cream 15 gr di Sini

4. Refaquin

Refaquin digunakan untuk mengobati melasma pada kasus yang sedang hingga berat. Melasma merupakan bercak kecoklatan atau yang berwarna lebih gelap dibandingkan dengan warna kulit lainnya. 

Obat Refaquin mengandung kombinasi hydroquinone, tretinoin, dan fluocinolone acetonide. Masing-masing kandungan ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Hydroquinone mampu menekan produksi melanin, tretinoin dapat mempercepat pengelupasan sel kulit mati, sementara fluocinolone acetonide akan mengurangi peradangan pada kulit. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Refaquin Cream 15 gr di Sini

5. Melanox

Melanox merupakan obat untuk mengatasi noda hitam di wajah yang mengandung hydroquinone. 

Obat ini ampuh untuk mengatasi berbagai jenis noda hitam di wajah, seperti noda bekas jerawat, flek hitam akibat paparan sinar matahari, dan melasma.

Perlu diketahui, Melanox tidak boleh digunakan sembarangan karena dapat menyebabkan efek samping yang serius. Gunakan obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Melanox Cream 15 gr di Sini

Itulah beberapa obat penghilang flek hitam yang ada di apotek. Obat-obatan yang sudah disebutkan harus digunakan di bawah pengawasan dokter. 

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan obat tersebut. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga: