Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Penyebab dan 6 Cara Menghilangkan Plak Gigi dengan Mudah dan Efektif

Plak adalah lapisan lengket yang menumpuk di gigi. Plak mengandung bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut. Guna menghindari efek buruk plak gigi, penting untuk menghilangkannya dari mulut Anda. Simak cara menghilangkan plak gigi dalam ulasan di bawah ini. 

Apa itu Plak Gigi?

Plak gigi adalah lapisan bakteri lengket yang terus-menerus terbentuk di gigi. Gigi yang terlapisi plak adalah hal yang normal, tetapi jika tidak menghilangkan plak dengan pembersihan gigi rutin dan menyikat gigi serta flossing setiap hari, hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, dan bahkan masalah kesehatan mulut lainnya.

Plak mengandung bakteri, sisa partikel makanan, dan air liur. Saat makan, bakteri di mulut akan memakan sisa-sisa makanan. Kondisi ini akan memecah makanan menjadi lapisan asam yang lengket – yang kita kenal sebagai plak gigi.

Secara teknis, plak tidak berwarna. Namun terkadang bisa menyebabkan perubahan warna gigi karena partikel makanan menempel pada plak.

Apa Penyebab Plak pada Gigi?

Plak gigi terbentuk ketika bakteri di mulut bercampur dengan makanan manis atau bertepung seperti susu, jus, minuman ringan, roti, pasta, dan buah. Bakteri ini akan melepaskan asam yang memecah karbohidrat dalam makanan dan minuman. 

Jika tidak menyikat gigi segera setelah makan atau minum, kombinasi bakteri, asam, dan karbohidrat dapat bercampur menjadi lapisan lengket dan tidak berwarna yang disebut plak.

Pengaruh Plak Terhadap Kesehatan

Ketika plak gigi menumpuk, bakteri di dalamnya akan menghasilkan asam yang menyebabkan demineralisasi (melemahkan struktur) gigi sehingga menyebabkan berbagai masalah gigi dan mulut. 

Berikut beberapa masalah gigi dan mulut yang dapat muncul akibat penumpukan plak gigi, antara lain:

1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah salah satu masalah kesehatan mulut yang paling umum terjadi dan dapat disebabkan oleh plak gigi. 

Gigi berlubang dapat disebabkan kerusakan gigi yang terjadi ketika enamel gigi rusak, dalam hal ini disebabkan oleh asam yang berhubungan dengan plak dan bakterinya.

2. Tartar atau Kalkulus

Tartar atau kalkulus atau juga disebut karang gigi adalah plak gigi yang mengeras dan dapat terbentuk pada gigi, baik di atas maupun di bawah garis gusi. 

Jika tidak menghilangkan plak gigi dengan menjaga kebersihan mulut yang benar, plak bisa mengeras menjadi karang gigi.

Berbeda dengan plak, Anda tidak bisa menghilangkan karang gigi dengan menyikat gigi dan flossing. Dokter gigi atau ahli kesehatan gigi harus melepaskannya selama pembersihan gigi profesional.

3. Gingivitis

Gingivitis adalah peradangan pada gusi yang terjadi ketika plak menumpuk. Hal itu semakin mengiritasi bagian gusi di sekitar pangkal gigi, yang disebut margin gingiva. 

Beberapa gejala gingivitis seperti kemerahan, bengkak, nyeri dan pendarahan, dapat menyebabkan penyakit gusi yang lebih serius yang disebut periodontitis yang memengaruhi struktur dalam penyangga gigi, dan bahkan dapat menyebabkan kehilangan gigi.

Baca Juga: Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Redakan Nyeri

4. Periodontitis

Periodontitis atau disebut penyakit gusi adalah infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak di sekitar gigi. Tanpa pengobatan, periodontitis dapat merusak tulang penyangga gigi. Hal ini dapat menyebabkan gigi goyang atau menyebabkan gigi tanggal.

Dalam kebanyakankasus, periodontitis dapat disebabkan oleh penumpukan plak akibat kurangnya perawatan mulut dan gigi. 

5. Kehilangan Gigi

Mungkin dampak buruk penumpukan plak ini terdengar menakutkan. Namun, hal ini jarang terjadi dibanding efek lainnya yang sering terjadi. 

Namun jika plak gigi dibiarkan tanpa penanganan, penyakit gusi dapat berkembang hingga kehilangan gigi. Selain itu, sejumlah masalah kesehatan mulut serius lainnya, yang tidak menyenangkan dan memerlukan biaya besar untuk ditangani.

Cara Mudah Menghilangkan Plak Gigi

Plak mungkin lebih mudah dihilangkan di rumah dibandingkan karang gigi. Hal ini karena karang gigi merupakan plak yang mengeras dan tidak bisa dihilangkan dengan sikat gigi. Anda dapat menghilangkan plak gigi dirumah dengan beberapa tips berikut ini. 

1. Rutin Menyikat Gigi

Sebaiknya sikat gigi selama dua menit dengan sikat gigi dan pasta gigi. Yang paling bagus adalah sikat gigi berbulu lembut yang dapat menjangkau area antara dan di bawah garis gusi dengan lebih baik. 

Sikatlah gigi Anda setidaknya dua kali sehari, baik bangun tidur maupun menjelang tidur malam. Penting juga melakukannya setiap setelah makan.

Baca Juga: Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik, Nyaman dan Efektif!

Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Pastikan Anda menyikat gigi dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi berbahan berfluoride.

Penambahan fluoride ke dalam pasta gigi bertujuan untuk mengembalikan mineral pada gigi yang hilang akibat asam yang dari bakteri dan makanan atau minuman bergula.

2. Bersihkan Sela Gigi dengan Benang

Gunakan benang gigi (dental floss) sekali sehari untuk menghilangkan sisa makanan dan plak yang menempel di sela-sela gigi. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa membersihkan gigi menggunakan benang gigi sebelum menyikat gigi mampu menghilangkan lebih banyak plak.

3. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur merupakan produk perawatan mulut yang dapat membantu mencegah dan mengendalikan masalah gigi. Obat kumur tersedia dalam berbagai jenis, termasuk antibakteri, fluoride, dan pengontrol karang gigi. Obat kumur mengandung bahan aktif yang dapat membantu mengurangi penumpukan plak dan mencegah penyakit gusi.

Obat kumur antibakteri mengandung bahan seperti klorheksidin yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit gusi dan kerusakan gigi. Obat kumur berfluoride mengandung fluoride yang dapat memperkuat gigi dan mencegah kerusakan gigi. 

4. Lakukan Oil Pulling

Minyak kumur – biasanya minyak kelapa atau zaitun- di sekitar mulut  dapat memperkuat gigi, mencegah kerusakan gigi, meredakan sakit gusi, dan menghilangkan plak.

Untuk melakukan “oil pull”, Anda perlu berkumur sekitar satu sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun di dalam mulut selama 20 hingga 30 menit. Minyak kelapa diyakini sangat bermanfaat karena mengandung asam lemak seperti asam laurat, zat dengan efek antiinflamasi dan antimikroba.

Baca juga: Mengenal Superfood Beserta Pilihan Makanannya

5. Terapkan Pola Makan Sehat

Selain beberapa tips untuk menghilangkan plak yang telah dijelaskan di tas, penting pula untuk menerapkan pola makan yang membantu kebersihan gigi Anda. Ada makanan tertentu yang bisa membantu membersihkan gigi saat Anda makan.

Beberapa makanan yang dapat membntu membersihkan gigi dari plak, termasuk sayuran berdaun hijau, apel, wortel, seledri, produk susu, permen karet bebas gula, daging, dan ikan.

Agar efektif dalam menghilangkan plak gigi, sebaiknya lakukan tips tersebut secara disiplin. Melakukannya secara rutin akan mempercepat dalam membersihkan gigi Anda dari plak, sehingga dapat terhindar dari penyakit gigi dan mulut, serta mampu memperbaiki rasa percaya diri.

Cleveland Clinic. Diakses pada 20 Mei 2024. Dental Plaque. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10953-plaque

Healthline. Diakses pada 20 Mei 2024. How to Remove Plaque and Tartar. https://www.healthline.com/health/tartar-removal#stop-plaque

Medical News Today. Removing plaque and tartar from teeth. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324341

Sunstargum. Diakses pada 20 Mei 2024. The Hidden Risks of Dental Plaque Build-Up. https://www.sunstargum.com/gb-en/oral-health/hidden-risks-of-dental-plaque-build-up.html

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan